Validasi Data 8355 di SMP Negeri 166 Jakarta Selatan dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia


I. Bagian Awal
Kelas : LE53-LEC
Kode/Nama Dosen : D3371-Murty Magna Pane
Waktu : Senin, 19 Oktober 2015
Pukul : 08.00-11.00
Lokasi : SMP Negeri 166 Jakarta
TIM yang hadir :
Ketua : Pricilia Verdina 1701290021
PIC :
Bpk. Muhamad Ermawan S. Pd, MM
Anggota :
1. Monica 1701294070
2. Carla Kusuma Hadi 1701290255
3. Vinna 1701290596
4. Sisca 1701301050
5. Rizky Amanda 1701334912
6. Samuel Willyus 1701294303
7. Lidya Claudia 1701304046
TIM yang tidak hadir: TIDAK ADA
II. ISI
Ohayo, readers!
Kembali lagi kami memposting sambungan
kegiatan kami di SMP Negeri 166, Jakarta.
Kali ini kami akan
membahas bagaimana sistematis 8355.
Apa sih 8355 itu?
8355 adalah format data siswa dari
tiap sekolah di DKI Jakarta, yang disesuaikan dengan PemProv DKI Jakarta, yang
rencananya data tersebut merupakan data sementara calon penerima Kartu Jakarta
Pintar (KJP).
Nah, tugas kami terhadap 8355 di SMP
Negeri 166 adalah untuk menvalidasi data dan menyesuaikan data, apakah data
dari sekolah sama dengan pemprov begitu sebaliknya.
Kegiatan kami sendiri, berlangsung pada
hari Senin, 12 Oktober 2015 pada pukul kurang lebih jam 10.00 Pagi.
Kegiatan ini, terjadi pada satu hari
bersamaan dengan kegiatan validasi data Kartu Jakarta Pintar (KJP), kami tim
kelompok sangat berterimakasih dengan pihak sekolah, karena kami diijinkan
untuk menvalidasi Data KJP dan 8355 secara bersamaan.
Sistematis yang
kami lakukan dalam validasi data 8355 adalah,
pertama-tama kami melakukan penarikan data bersangkutan,
hal ini kami lakukan dengan cara meminta kepada Bagian Tata Usaha yakni dengan
Bapak Erik Pusbaya, S.SoS.
Kami banyak berkomunikasi dengan beliau
mengenai 8355, dengan senang hati Bapak Erik mencetak data 8355 yang diberikan
sekolah dan meminjamkan kami datanya.
Setelah kami tengah menerima data 8355
dari sekolah, kami sekelompok mulai membagi data yang kami miliki, dan satu
orang memegang data dari sekolah. Caranya dengan, satu orang yang memegang data
dari sekolah, menyebutkan satu-satu nama anak murid yang ada di data 8355 dan
yang lainnya mencocokan dengan kertas masing-masing data yang sudah dibagikan.
Kami mendapatkan data siswa 8355 sebanyak 252 Siswa, yang
kami belum tahu siswa kelas berapa saja. Namun, setelah validasi diketahui
semua data berasal dari kelas tujuh (7).
Setelah melakukan validasi, ternyata kami hanya menemukan 1
siswa yang tidak ada datanya di sekolah.
Pihak sekolah mengaku bahwa ternyata siswi tersebut sudah
mengundurkan diri dari sekolah, karena hanya mendaftar sekolah tetapi tidak
pernah datang, dan siswi tersebut pernah melakukan daftar online 8355 di web.
Setelah
melakukan validasi 8355, kami pun melakukan validasi pendidikan, untuk validasi
pendidikan kami hanya melakukannya secara singkat.
Data kami kumpulkan, dan kami mengisi form evaluasi dan
form 8355, juga memberikan kuisioner data sekolah kepada Bapak Erik, setelah
form semuanya siap kami memberikan kepada Kepala Sekolah yakni Bapak Muhamad
Ermawan, S.Pd.
Sebelum pamit, seperti biasa kami berbincang sebentar dan
melakukan foto bersama atau yang biasa disebut dengan selfie!
Maka, sudah selesai lah tugas kami di SMP Negeri 166,
Jakarta.
Menurut tim kami, pengalaman ini sangat berharga, senangnya
bisa membantu dan menjadi bagian dari Teach For Indonesia, serta bisa bekerja
sama dengan PemProv DKI Jakarta.
Dimana kesempatan tersebut sangat langka untuk bisa
ditemukan. Tentunya, kami mempunyai makna tersendiri untuk tiap-tiap pribadi
dari kami.
III. PENUTUP
A. Kesimpulan
Kami mengunjungi SMP Negeri 166 Jakarta pada senin, 19
oktober 2015. Dimana kami selaku panitia dari TFI yang ditugaskan untuk
melakukan validasi Data Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Data 8355. Semuanya
berjalan dengan lancar sesuai dengan prosedur dan tidak ada kendala apapun. Data yang kami terima dari PemProv melalui Teach For
Indonesia (TFI), adalah sejumlah 74murid. Sedangkan, data sekolah
sudah terupdate 93murid. Dimana 74murid adalah KJP Tahap I dan 19murid
adalah KJP Tahap II. Data yang kami terima dari PemProv dengan yang ada
disekolah adalah sama, perbedaan hanya diantara data KJP Tahap I dan Tahap II
yang dimana kami tidak punya data Tahap II. Selama kegiatan ini, kami
dengan sekolah berkolaborasi dengan sangat baik dan transparan. Kami pun
diberikan keleluasaan untuk melakukan kegiatan kami. Kami mendapatkan data siswa 8355 sebanyak 252 Siswa,
yang kami belum tahu siswa kelas berapa saja. Namun, setelah validasi diketahui
semua data berasal dari kelas tujuh (7).
Setelah melakukan validasi, ternyata kami hanya menemukan 1 siswa yang
tidak ada datanya di sekolah.
Pihak sekolah mengaku bahwa ternyata siswi tersebut sudah mengundurkan diri dari sekolah, karena hanya mendaftar sekolah tetapi tidak pernah datang, dan siswi tersebut pernah melakukan daftar online 8355 di web.
Pihak sekolah mengaku bahwa ternyata siswi tersebut sudah mengundurkan diri dari sekolah, karena hanya mendaftar sekolah tetapi tidak pernah datang, dan siswi tersebut pernah melakukan daftar online 8355 di web.
Berikut adalah hasil pengecekan data 8355 (Data
DinasPendidikan DKI vs Data Sekolah)
B. Next To Do
Berdasarkan
Form yang kami berikan kepada pihak sekolah, kami harus mempertahankan kinerja
kami dalam melaksanakan tugas.
IV. Dokumentasi
Tim menkroscek data 8355
Masing-masing tim menkroscek data 8355
Seluruh tim Selfie di lapangan SMP Negeri 166
Kerja sama dengan TU SMP Negeri 166
Data 8355 yang sudah diterima
Foto bersama Bpk. Muhamad (Kepala Sekolah)
Akhir kata, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada;
- Tuhan Yang Maha Esa
- Bpk. Muhamad Ermawan, S.Pd, selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 166
- Bpk. Erik Purbaya, S. Sos
- Murid-Murid SMP Negeri 166
- dan Seluruh Staf SMP Negeri 166 yang mendukung berjalannya kegiatan ini
- Teach For Indonesia bersama PemProv DKI Jakarta
- Binus University
Nah, readers udah selesai nih kegiatan tim di SMP Negeri 166, Jakarta.
Eits... Tapi tunggu ya, kami masih punya kisah di SD Negeri Cengkareng Barat 11 Pagi, dimana kegiatan kami enggak kalah menarik dan punya cerita tersendiri!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar